RAM


A. Petunjuk Pembelajaran 

1. Persiapan Pembelajaran 

Ustadz yang baik senantiasa mempersiapkan diri, yaitu merencanakan  bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik berupa  topik/pokok bahasan dan menjabarkannya dalam bentuk materi  pembelajaran dengan memperhatikan tujuan, waktu, sarana dan sumber-sumber yang tersedia serta karakteristik peserta didik sekaligus menentukan  metode dan bentuk evaluasi yang akan dilakukan 

 2. Pelaksanaan Pembelajaran 

Pada tahap pelaksanaan Ustadz diharapkan dapat menciptakan suasana  pembelajaran yang menyenangkan, sebelum memulai pembelajaran ciptakan suasana keakraban dengan kelas. Ustzadz dapat menggunakan  berbagai macam metode dan media dalam meningkatkan kualitas  pembelajaran. 

 3. Akhir Pembelajaran 

Penyelenggaraan evaluasi pada setiap akhir pembelajaran. 


Langkah-langkah Pembelajaran (2 X 45 menit)

No.

Tahapan

Uraian Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan 

• Ustadz membuka pembelajaran  dengan Salam dan Do’a 

• Absensi Peserta 

• Apersepsi 

• Penyampaian tujuan pembelajaran

10 menit

Inti 

Klasikal Awal 

• Ustadz mengenalkan materi baru  satu persatu 

• Peserta didik mengikuti bersama sama maupun bergantian

15 menit

 

 

• Ustadz menjelaskan hubungan  materi tersebut dengan materi sebelumnya 

Privat 

• Peserta didik membaca – Ustadz  menyimak 

• Ustadz memperbaiki setiap  bacaan yang salah – Peserta  

mengulangi bacaan yang salah

• Hafalan Surah Pendek

50 menit

Penutup 

Klasikal Akhir 

• Ustadz melakukan evaluasi secara  bergilir maupun acak melalui tanya  jawab materi yang telah dibahas 

• Ustadz memberikan kesempatan  bertanya bagi peserta yang belum  jelas 

• Ustadz menyampaikan kesimpulan 

• Ustadz menutup dengan Do’a  harian dan Surah pendek dan Salam

15 menit


B. PROGRAM PEMBELAJARAN 

 1. Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik mampu mengenal, membaca huruf, kata serta kalimat dan potongan potongan ayat Al Qur’an dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid 

 2. Pokok Bahasan 

Pertemuan

Kegiatan

I

Mengenal Bacaan “A” sampai “KHA” 

II

Mengenal Bacaan “DA” sampai “DHA” 

III

Mengenal Bacaan “THA” sampai “KA” 

IV

Mengenal Bacaan “LA” sampai “YA” 

V

Perbedaan Bunyi Huruf (Makhroj) Pendalaman Makhroj (perbedaan bunyi huruf), dan Latihan membaca huruf  sambung sesuai urutan

VI

Mengenal Harokat (Tanda Baca) Mengenal tanda baca Kasrah dan Dhommah serta tanda Panjang (mad)

VII

Mengenal Tanwin. Mengenal Harokat Tanwin (Baris Ganda) : fathatain (…an), kasratain (…in),  dan dhommatain (…un). 

VIII

Mengenal Sukun, Bacaan Qalqolah 

IX

Mengenal Tasydid, Alif Lam Qomariyah, Alif Lam Syamsiyah

X

Mengenal Lafdzul Jalalah 

XI

Bacaan Nun Sukun, dan Tanwin 

XII

Bacaan Huruf Hijaiyah di awal Surah 

XIII

Cara Waqaf dan tanda-tandanya 

XIV

Evaluasi Akhir 

 

3. Metode Pembelajaran 

Latihan, tanya jawab, demonstrasi, penugasan dan metode lainnya 

4. Penilaian 

Tes lisan, tes unjuk kerja, dan observasi.



Materi dapat di download disini!

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama