A. Petunjuk Pembelajaran
1. Persiapan Pembelajaran
Ustadz yang baik senantiasa mempersiapkan diri, yaitu merencanakan bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik berupa topik/pokok bahasan dan menjabarkannya dalam bentuk materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan, waktu, sarana dan sumber-sumber yang tersedia serta karakteristik peserta didik sekaligus menentukan metode dan bentuk evaluasi yang akan dilakukan
2. Pelaksanaan
Pembelajaran
Pada tahap
pelaksanaan Ustadz diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan, sebelum memulai pembelajaran ciptakan suasana keakraban
dengan kelas. Ustzadz dapat menggunakan berbagai macam metode dan media dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Akhir
Pembelajaran
Penyelenggaraan evaluasi pada setiap akhir pembelajaran.
Langkah-langkah Pembelajaran (2 X 45 menit)
No. |
Tahapan |
Uraian
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Pendahuluan |
• Ustadz membuka
pembelajaran dengan Salam dan Do’a • Absensi
Peserta •
Apersepsi • Penyampaian
tujuan pembelajaran |
10 menit |
2 |
Inti |
Klasikal
Awal • Ustadz
mengenalkan materi baru satu persatu • Peserta didik
mengikuti bersama sama maupun bergantian |
15 menit |
|
|
• Ustadz
menjelaskan hubungan materi tersebut dengan materi sebelumnya Privat • Peserta didik
membaca – Ustadz menyimak • Ustadz
memperbaiki setiap bacaan yang salah – Peserta mengulangi
bacaan yang salah • Hafalan Surah
Pendek |
50 menit |
3 |
Penutup |
Klasikal
Akhir • Ustadz
melakukan evaluasi secara bergilir maupun acak melalui tanya
jawab materi yang telah dibahas • Ustadz
memberikan kesempatan bertanya bagi peserta yang belum
jelas • Ustadz
menyampaikan kesimpulan • Ustadz menutup
dengan Do’a harian dan Surah pendek dan Salam |
15 menit |
B. PROGRAM PEMBELAJARAN
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik
mampu mengenal, membaca huruf, kata serta kalimat dan potongan potongan ayat Al
Qur’an dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid
2. Pokok
Bahasan
Pertemuan |
Kegiatan |
I |
Mengenal Bacaan
“A” sampai “KHA” |
II |
Mengenal Bacaan
“DA” sampai “DHA” |
III |
Mengenal Bacaan
“THA” sampai “KA” |
IV |
Mengenal Bacaan
“LA” sampai “YA” |
V |
Perbedaan Bunyi
Huruf (Makhroj) Pendalaman Makhroj (perbedaan bunyi huruf), dan Latihan
membaca huruf sambung sesuai urutan |
VI |
Mengenal Harokat
(Tanda Baca) Mengenal tanda baca Kasrah dan Dhommah serta tanda Panjang
(mad) |
VII |
Mengenal Tanwin.
Mengenal Harokat Tanwin (Baris Ganda) : fathatain (…an), kasratain
(…in), dan dhommatain (…un). |
VIII |
Mengenal Sukun,
Bacaan Qalqolah |
IX |
Mengenal
Tasydid, Alif Lam Qomariyah, Alif Lam Syamsiyah |
X |
Mengenal Lafdzul
Jalalah |
XI |
Bacaan Nun
Sukun, dan Tanwin |
XII |
Bacaan Huruf
Hijaiyah di awal Surah |
XIII |
Cara Waqaf dan
tanda-tandanya |
XIV |
Evaluasi
Akhir |
3. Metode Pembelajaran
Latihan, tanya jawab, demonstrasi, penugasan dan metode lainnya
4. Penilaian
Tes lisan, tes unjuk kerja, dan observasi.
Materi dapat di download disini!
Posting Komentar